Love is Service

Love is Service

Kamis, Juni 14, 2012

Say No to SMOKING!!

Saat ini saya sedang ingin membahas mengenai ROKOK...
Tidak habis pikir di dekat toko saya hampir 80% merokok.. (*apa enaknya?)

Makan tuh ROKOK!! Mau berapa duit yang dibakarrr??
Rokok itu membuat orang yang sekali menghisapnya menjadi ketagihan. Sama seperti orang yang memakan obat-obat terlarang, kecanduan seks, makan tiada henti, dll..

Sejauh mata memandang, penjaga toko lainnya dari kiri, kanan, depan, baik laki-laki maupun perempuan rata-rata merokok. Tidak habis pikir, dulu perempuan tidak begitu terlihat yang suka merokok. Namun, sekarang terbalik, perempuan tidak lagi malu merokok depan umum. 

Banyak perempuan jaman sekarang tidak lagi malu merokok depan umum..
Banyak aturan yang melarang merokok, baik di daerah kantor, sekolah, kampus, mall, dan tempat lainnya. Apabila merokok maka akan dikenakan denda. Tapi, anehnya kalo mau memberantas merokok, harusnya tidak usah ada aja penjual rokok, pabrik rokok, tempat khusus untuk orang-orang yang ingin merokok. 

Karena, hal itu sama saja merugikan bagi banyak pihak. Dulu saya sering mendengar dari dosen saya, yang mengatakan bahwa "Orang yang merokok, maka akan membuat orang lain (perokok pasif) disekitarnya mati secara perlahan, akibat menghirup asap yang dihasilkannya. Lalu, perokok itu tidak memikirkan bahwa dengan merokok maka umurnya berkurang, dan waktunya untuk melihat anak dan cucunya pun akan berkurang, karena otomatis perokok itu mengurangi umurnya sendiri secara perlahan."

Setelah saya menyimak kata-kata itu, saya langsung setuju.. Menghirup asap rokok orang lain lebih berbahaya dibandingkan menghisap rokok sendiri. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif. Penyakit yang dapat diderita perokok pasif ini tidak lebih baik dari perokok aktif. Mereka menjadi mudah menderita kanker, penyakit jantung, paru dan penyakit lainnya yang mematikan. 

Lihat betapa bahayanya merokok dan orang yang menghirup rokok tersebut. Kenapa mereka tidak memikirkan orang sekelilingnya sih.. terutama keluarga dan orang terdekat yang  mereka miliki. 

Sekedar sharing, tadi tetangga depan toko merokok. Lalu disebelahnya ada anaknya yang kira-kira masih berumur 7 tahun. Anak itu berkata pada papanya, "Pa, jangan ngerokok loh, nanti ditangkap polisi, bau tau." Bayangkan anak umur 7 tahun saja bisa berkata demikian. Salut saya!! :) Dalam hati saya tadi tertawa.. haha.. 

Selain itu, padahal saya juga sudah sering menyindir orang-orang tersebut dengan cara, menyemprot bayfresh apabila sudah mulai sesak mencium asapnya, menggunakan masker, lalu mengkipas-kipas asap tersebut. Namun, usaha itu tidak dihiraukan, tapi saya yakin mereka pasti mengerti dan merasa bahwa saya tidak suka dengan asap rokok. Terserah mereka mau berkata apa, yang jelas saya sangat tidak suka dengan orang yang suka merokok. Untungnya keluarga saya tidak ada yang suka merokok.

Saya akui, dulu papa saya juga merupakan perokok aktif, hal itu terjadi sewaktu saya masih kelas 5 SD, papa saya berhenti merokok tepat saat itu juga. Dikarenakan saya terus menerus mengikuti kemanapun papa saya pergi, setiap kali ia menyematkan rokok, langung saya cabut rokok tersebut dan membuangnya. Hal itu saya lakukan terus menerus, hingga akhirnya papa saya berhenti merokok 100 % sampai sekarang. :) #saya merasa bersyukur papa saya masih mau berubah. :)
Please, Stop Smoking, Dad!!

Selain itu, saya juga melihat disekitar toko saya, banyak perempuan cantik dan seksi dijadikan SPG ROKOK.... mereka berpakaian seksi untuk menarik pelanggan, terutama bapak-bapak dari berbagai kalangan, seperti pedagang kaki lima, satpam, hingga pekerja kantoran dan toko. Benar-benar sudah tidak dapat ditoleransi lagi, mau bertapa banyak orang yang kecanduan ROKOK? 

Bahkan sekarang anak-anak kecil yang masih dibawah umur saja diperbolehkan merokok, #kemana orangtua mereka??? 

Saya pernah melihat beberapa gerombolan anak kecil kira-kira masih berumur 10-11 tahun, membeli rokok di warung. Yang anehnya penjual di warung tersebut juga memberikan kepada mereka begitu saja, malah disuguhkan korek apinya. #kacauuu... ini sama saja seperti memberikan kesenangan bagi anak-anak tersebut. Pikiran anak-anak udah terkontaminasi. Mereka beranggapan bahwa, tidak ada yang melarang, dan ternyata rokok itu enak (*akibat kecanduan + ketagihan). Ini adalah pemikiran yang salah!!

Saya ingat sekali dulu waktu masih SD kelas 6, teman saya juga ada yang ngumpat2 cari tempat untuk merokok #hampir ketahuan guru.

Sekali lagi saya bingung, apa enaknya merokok?? merusak dan mengganggu orang lain, apalagi dengan sengaja menghembuskan asap rokok ke orang lain. 

Seumur-umur saya berusaha untuk jangan sampai mendapatkan cowo / pasangan yang suka merokok. Saya udah ANTIPATI doloan.. bahkan mungkin bakal ilfeel dengan cowo yang suka merokok. Walaupun cowo itu baik hati, rajin, sayang keluarga, dan lain sebagainya. Tapi, kalau dia merokok, maka saya akan ambil langkah seribu jauh2 dari orang tersebut. Jangan sampai saya jatuh cinta dengan cowo perokok!! >.<"

Say NO!! untuk cowo perokok!!

Mari mulai dari sekarang, kita orang-orang yang tidak suka akan BAU ASAP ROKOK, maupun ROKOK itu sendiri, mulai dari kita untuk tidak takut memberitahu pada mereka yang suka MEROKOK untuk berhenti. Kalau tidak mulai dari kita, lalu dari siapa??

SAY NO TO SMOKING!!! NO TO DRUGS!!! NO TO FREE SEX TOO!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar