Love is Service

Love is Service

Senin, Agustus 27, 2012

Belajar menjadi Teman yang baik !

Teman ! Mencari teman yang baik dan bisa dipercaya memang sulit, namun sebenarnya lebih sulit lagi adalah untuk mempertahankan seorang teman. 

Oleh karena itu, bagaimana caranya biar kita bisa awet dalam berteman? Caranya adalah "Mulai dari kitanya sendiri lebih dulu" ! :) 

Coba deh kita duluan yang mencoba menjadi teman yang baik bagi orang lain. Nih, ada ciri-cirinya.. Cekidottt... :)

Let's play together, Let's do something together.. !

1. Bukan Pengkhianat !

Bukan teman namanya kalau bisa menikam teman sendiri dari belakang. Istilahnya "Ular kepala dua" ~ di depan kita bersikap baik, tau-tau di belakangnya menjelek-jelekkan kita. Belajarlah untuk saling jujur satu sama lain biar nggak salah paham dan menimbulkan sikap egois yang dapat merugikan di kemudian hari. 

Dulu saya pernah mempunyai seorang teman yang seperti ini. Untungnya bukan teman dekat, jadi saya tidak terlalu merasa pusing karenanya.. Kejadian ini terjadi sewaktu saya masih kelas 2 SMP. Di depan saya dia bermulut manis sekali, baik terhadap saya, tapi ternyata di belakang saya dia mengatai hal yang buruk dan tidak benar, sehingga ada orang lain yang menjadi tidak senang dengan saya. Padahal saya tidak melakukan kesalahan apa-apa saat itu. Yaapp, saya hanya dapat menjadikannya pengalaman saja. 

2. Nggak Perhitungan !

Bukan berarti setiap hari mesti menjadi Santa Clause yang baik hati. Tapi maksudnya adalah kita tidak perlu menghitung-hitung kebaikan yang telah kita lakukan pada teman kita dan memintanya untuk membayar di lain waktu, alias bersikap pamrih. Menolong karena menginginkan imbalan. 

3. Nggak sok ngatur !

Berteman kan butuh "TAKE and  GIVE" juga biar adil !! Sesekali berganti posisi menjadi yang diatur. Kadang dalam berteman itu diperlukan privacy. Tidak semuanya kita menerima saja apapun yang teman inginkan. Karena, kita juga mempunyai hak untuk memilih, hak untuk menentukan jalan hidup kita sendiri. Tidak semua orang senang diatur. :) Sesekali tanyakan juga apa keinginan teman kita. Jangan melulu kita yang mengaturnya.. 

4. Pendengar yang baik !

Menjadi pendengar yang baik, memang susah-susah gampang. Apalagi saat kita sedang BAD MOOD, tau-tau teman kita malah curhat soal masalahnya. Tapi, jangan dijadikan beban.. SMILE !! Itu tandanya dia mempercayai kita sebagai tempat  mencurahkan isi hatinya, yang mungkin belum tentu semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendengarkan isi hatinya. Inilah tanda bagi kita untuk menunjukkan kesetiaan kita padanya. Tetap mendengarkan, dan mengesampingkan BAD MOOD, lalu fokus padanya, berikan nasehat sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. 

5. Ingat hal-hal kecil !

Sepertinya sepele ! Tapi hal ini penting loh ! Mengingat hal-hal kecil yang disukainya, hari-hari penting buat dirinya. Perlu juga kita lakukan buat sekedar mengingatkan dan ngasih ucapan selamat. Gak susah kan? Hal tersebut pasti akan menjadi hal yang spesial yang tidak akan dilupakan oleh teman kamu. :)

6. Cheerleader pribadi !

Kalau kita sayang sama teman kita, tentu saja kita ingin dia lebih percaya diri dan semangat kan? Karena itu jangan ragu untuk ngasih perhatian dan ngasih kata-kata penyemangat untuk di segala kondisi. 


Nah, kalian sendiri bagaimana? Sudahkah ciri-ciri teman yang baik ada di diri kalian? Jika belum, mari sama-sama belajar untuk menjadi teman yang baik.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar