Love is Service

Love is Service

Kamis, Juli 19, 2012

Personality "Part two - 4 Kepribadian yang paling disukai banyak orang"

Dalam diri setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan unik, salah satu diantaranya ada empat kepribadian yang paling disukai banyak orang. 

One. "Ringan Tangan"
 
Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu diikatkan dengan kegiatan berinteraksi satu sama lain. Kita bukanlah orang yang sempurna, yang bisa melakukan segala sesuatunya sendirian tanpa bantuan orang lain. 

Peduli terhadap sesama yang membutuhkan pertolongan akan menumbuhkan kebahagiaan dalam diri sendiri
Orang yang ringan tangan adalah orang yang peduli pada orang lain. Sifat rasa peka terhadap sesuatu sangat kuat, ia dapat merasakan apa yang orang lain rasakan. Ia menyadari bahwa pada dasarnya hukum alam selalu jalan, ketika kita menolong orang lain, maka ia sedang menolong dirinya sendiri.

Bagi orang yang ringan tangan, menolong bukanlah hal yang membutuhkan pengorbanan dan tenaga, tapi kesukarelaan yang dilakukan sepenuh hati. Tidak pilih-pilih dalam memberikan pertolongan dan selalu berusaha memberikan yang terbaik. 

Untuk menjadi pribadi yang ringan tangan tidaklah mudah. Terkadang dalam pikiran kita timbul pertanyaan, "Kenapa aku harus menolong orang lain? Ngurus diri sendiri saja aku kewalahan". Pemikiran seperti itu harus dengan segera dihindari.

Tips2 :

1. Tidak selamanya Anda bisa melakukan semua hal sendirian. (Membantu orang lain = membantu diri sendiri, karena suatu saat kita pasti juga membutuhkan bantuan orang lain).

2. Percayalah ada kebahagiaan dalam uluran tangan kita. (Dengan membantu orang lain, maka akan timbul perasaan bahagia setelah menolong sesama).

3. Berlatih dan teruslah berlatih. (Mungkin terkadang timbul rasa malas untuk membantu orang lain, namun hal ini harus dilawan).

4. Banyak cinta untuk Anda. (Salah satu rasa terima kasih terbaik yang akan diterima adalah rasa cinta orang lain kepada kita). 

Two. "Bersikap Bersahabat"

Orang yang memiliki sikap bersahabat akan terbuka dan mudah menerima kehadiran orang lain. Sikap terbukanya mendorong orang lain untuk bersikap terbuka pula. Keterbukaan itu sendiri yang akan membuka komunikasi kedua pihak menjadi lancar, mendekatkan hubungan, dan memperkecil peluang munculnya konflik. 

Bersahabat sama artinya dengan kita belajar terbuka terhadap sesama, sehingga meminimalisasikan konflik.

Sikap bersahabat juga terwujud dengan komunikasi dua arah. Orang yang bersikap bersahabat tidak akan mendominasi pembicaraan, tetapi akan memberikan ruang kepada orang laun untuk mengekspresikan dirinya juga. Ia akan menerima orang lain apa adanya dan tidak berusaha memaksakan kehendak pribadinya.


Sikap bersahabat muncul karena dorongan cinta yang tulus agar orang lain dapat merasakan kebaikan seperti yang ia rasakan. Ia suka menolong, memenuhi hak orang lain, meluruskan ketika orang lain salah, memerhatikan kepentingan orang lain, dan mengajak orang lain menuju pada kebaikan.

Tips2:

1. Berikan senyum tulus Anda saat bertemu.
2. Tawarkan batuan juka ada teman yang membutuhkan bantuan.
3. Berbagilah dengan orang lain.
4. Bersikaplah terbuka dan komunikatif.
5. Jangan meributkan hal-hal kecil yang dapat merusak hubungan.

Three. "Humoris"

Pribadi yang humoris identik dengan orang yang murah senyum dan mudah tertawa. Menyadari bahwa setiap orang baik tua, muda, ataupun anak-anak membutuhkan tawa.

Humoris dapat mencairkan suasana.
Orang dengan kepribadian ini dapat memberikan hiburan tersendiri bagi orang lain dan dapat mencairkan suasana. Orang yang humoris dapat bercerita dan melakukan gerakan-gerakan lucu yang membuat orang lain tertawa. Sikap enjoy saat melakukannya sangat menentukan lucu tidaknya cerita atau gerakan. Intinya adalah kita melakukannya tanpa ada beban.

Tips2:

1. Jangan selalu serius menyikapi hidup. (Hidup ini penuh dengan warna, tidak jarang kita mengalami kejadian yang membuat kita tertawa. Banyak hal lucu yang bisa kita bagikan, misalnya tingkah keponakan atau adik kecil yang lucu, pengalaman teman, cerita mengenai keseharian kita, ataupun hal-hal lainnya).

2. Sesekali tertawakanlah diri sendiri. (Perhatikanlah diri Anda, galilah kekurangan dan kelebihannya. Anda adalah pribadi yang unik, dan Anda akan menemukan hal-hal dari diri Anda yang dapat membuat Anda tertawa).

3. Ciptakan kelucuan di sela-sela rutinitas. (Rutinitas keseharian yang itu-itu saja, terkadang membuat kita cepat bosan dan penat. Kita harus bisa menyiasatinya dengan membuat sedikit lelucon agar suasana menjadi menyenangkan).
Four. "Berhati-hati dalam mengambil keputusan"

Dalam hidup kita senantiasa diberikan pilihan, baik itu pilihan yang benar atau salah. Dan kita diwajibkan untuk memilih di antara pilihan yang ada. Hasil dari pilihan itu adalah yang disebut dengan keputusan. 

Keputusan merupakan hasil akhir yang kita tentukan setelah mengalami proses pemikiran dan pemilihan. Dengan mempertimbangkan manfaat apa yang dapat diperoleh dan reiko yang akan terjadi serta kesiapan menghadapi resiko yang mungkin terjadi. 

Hidup adalah pilihan. So, pilihlah berdasarkan pemikiran dan pemilihan, mana yang baik dan mana yang buruk.

Orang yang pandai mengambil keputusan maka tidak akan melihat suatu masalah dari satu sudut pandang saja, melainkan dari beberapa sudut pandang. Berusaha untuk berpikiran objektif agar keputusan yang dibuatnya tidak merugikan orang lain. 

Tips2, berhati-hatilah sebelum mengambil keputusan :
 
1. Tulislah apa saja yang akan menjadi prioritas plan kita sesuai dengan kebutuhan kita.
2. Cermati option (masing-masing plan) yang akan dipilih. Analisislah masing-masing pilihan, apa manfaat dan kerugian yang akan kita peroleh ketika mengambil keputusan tersebut. 
3. Pilihlah option yang banyak mendatangkan manfaat.

Diantara banyak kepribadian, empat kepribadian ini merupakan kepribadian yang paling disenangi orang. Apakah kamu termasuk salah satu diantaranya? 

sumber : Rosalind, S. (2012). 59 Kepribadian paling dicari dan disukai orang di seluruh dunia.Yogyakarta: Sinar Kejora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar