Love is Service

Love is Service

Senin, Juli 16, 2012

Personality "Part One - Menjalin Hubungan dan Menjaganya"

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya tidak luput dari yang namanya "RELATIONSHIP" ~ "HUBUNGAN". Kita selalu menjalin hubungan dengan orang lain, bukan karena hanya saat kita membutuhkan orang tersebut, tapi dalam keadaan apapun, dimanapun, dengan siapapun..

Cara yang dapat dilakukan dalam menjalin hubungan dengan banyak orang sangat beragam, mulai dari sering mengirimkan SMS, memberi hadiah, bertegur sapa, memuji dengan tulus, membantu sesama, dan sikap-sikap baik lainnya. 

Namun, seringkali setelah keperluan kita dengan orang tersebut terpenuhi, maka selesai juga hubungan pertemanan. Kebaikan-kebaikan yang tadinya terlihat jelas, perlahan-lahan meredup, hilang gitu saja. 

Jangan sampai kita berkomunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain hanya dikarenakan "Ada Maunya" saja. Belajarlah untuk tulus dalam menjalin suatu hubungan dengan orang lain, sehingga orang lain menjadi percaya pada kita di kemudian hari.

Menjalin hubungan dengan orang lain dapat dimulai sekarang juga, tanpa perlu menunggu adanya keperluan dengan orang tersebut. Mulailah menjalin hubungan dengan banyak orang, dengan lingkungan sekitar, dan nikmati indahnya kebersamaan yang sulit didapatkan jika kita lebih mendapatkan banyak musuh daripada teman. 

Orang yang dapat menjalin hubungan dan menjaga hubungan tersebut dengan baik akan meraih banyak kebahagiaan dan kebaikan. Membangun hubungan dengan orang lain, membuat kita memiliki keluarga besar, memiliki orang-orang yang bisa kita ajak untuk saling berbagi kasih sayang. 

Ada sebuah hukum alam yang berjalan, "jika kamu menebar kebaikan, maka kamu akan menuai kebaikan pula, jika kamu menolong dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang, maka ketika kamu memperoleh kesulitan dengan sendirinya mereka akan menolong, tanpa perlu diminta."

Berikut ada beberapa tips yang saya ambil dari sebuah buku menarik tentang kepribadian (Rosalind, 2012) :

1. Belajarlah menjadi pribadi yang terbuka dan komunikatif. Dalam berhubungan, komunikasi yang baik sangat diperlukan agar hubungan tetap terjaga dengan baik.  

(Menurut saya: menjadi orang yang terbuka dan jujur adalah kepribadian yang sangat menyenangkan, dengan kita mencoba menanamkan untuk terbuka dan jujur dengan orang lain, kita menjadi belajar satu hal dan mengurangi kebohongan. Komunikasi yang terjalin baik dengan seseorang serta diimbangi dengan keterbukaan membuat kita dan orang tersebut sama-sama belajar menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing.)

2. Belajarlah untuk selalu berbaik sangka (positive thinking) kepada orang lain. Jangan mudah menaruh rasa curiga kepada orang lain. Berbaik sangka justru membantu kita menemukan sisi-sisi positif dalam diri orang lain. 

(Menurut saya: secara pribadi sih, saya setuju dengan sikap "positive thinking", belajar untuk melihat segala sesuatunya mulai dari sisi positifnya terlebih dahulu, tidak melulu menanggapi dengan hal yang negatif. Dengan memiliki sifat positif thinking membuat kita mengurangi sifat negatif itu sendiri, mengurangi dosa kita juga.)

3. Jaga kepercayaan dan jangan berkhianat. Siapapun tidak akan suka apabila dikhianati. Karena itu, jika ingin hubungan terjaga dengan baik, bangunlah kepercayaan dan jangan berkhianat.

(Menurut saya: hmmm, secara garis besar memang sulit untuk menanam kepercayaan dalam diri orang lain, namun kita harus berusaha untuk selalu bersikap jujur, ingat "jika kita sudah berbuat bohong sekali saja, maka akan ketagihan, dan akan mengulanginya kembali", "jika kepercayaan kita di mata orang lain hilang, maka akan hancur jalinan hubungan kita dengan orang tersebut.)

4. Jalinlah hubungan dengan tulus tanpa ada tendensi. Hubungan yang dibangun dengan ketulusan akan terjaga baik daripada hubungan yang dibangun atas kepentingan tertentu. 

(Menurut saya: Ketulusan dalam hidup sangat penting. Tidak mengharapkan imbalan, tidak karena demi mencari kesenangan sesaat, cukup ketulusan hati, maka hubungan akan terjalin dengan baik, terjaga dengan baik.)

Personality ini merupakan kepribadian yang sangat penting dan dilakukan oleh semua orang. Selamat mencoba tips-tips tersebut agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang dan menjaga hubungan agar tidak sampai putus ditengah jalan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar