Love is Service

Love is Service

Senin, Oktober 08, 2012

Sanguinis, Melankolis, Koleris, Plegmatis (4 Personality)

"COMICATION ~ Kenali karakter dan gaya komunikasi anda dan lawan bicara anda melalui komik!", Karangan DR. Ponijan Liaw.



Saya baru saja membeli sebuah buku yang saya dapatkan di Rumah Edukasi, Blok M Square. Judul bukunya adalah "COMICATION ~ Kenali karakter dan gaya komunikasi anda dan lawan bicara anda melalui komik!", Karangan DR. Ponijan Liaw.

Setiap orang itu unik adanya, tidak seorang pun yang memiliki persamaan identik seutuhnya termasuk bayi kembar sekalipun. Berdasarkan karakter unik yang dimiliki manusia, ada 4 kepribadian manusia, yaitu sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis. 

Keempat kepribadian ini memiliki karakter masing-masing yang harus didekati dengan gaya komunikasi yang pas agar komunikasi menuai manfaat sesuai harapan. 

Untuk orang sanguinis yang ceria misalnya, pendekatan komunikasi yang harus dikedepankan adalah yang bersifat terbuka, penuh semangat, menggunakan kata-kata yang berbunga-bunga, dan sejenisnya. Hasilnya tentu akan berbeda bila diterapkan kepada mereka yang berkepribadian melankolis yang cenderung diam dan penuh konsentrasi dalam pikiran. Lain pula bila diterapkan kepada mereka yang berkepribadian koleris yang tegas dan langsung ke persoalan ketika berbicara. Dan, lain lagi hasilnya bila diterapkan dengan mereka yang cinta damai dan tenang seperti plegmatis

Saya akan coba menjelaskan empat kepribadian itu, berdasarkan dari buku yang saya beli... :)














NB :

Orang yang banyak bicara, diam, kritis, dan santai merupakan kombinasi lengkap kepribadian manusia. Kesemuanya saling melengkapi dan menggenapi semua pekerjaan. 
Jangan pernah terganggu dengan karakter yang tidak sesuai dengan anda, karena merekalah sesungguhya penentu sukses anda !! :) 

- DR Ponijan Liaw -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar