Love is Service

Love is Service

Minggu, Oktober 07, 2012

Be a Volunteer!! Play "LOGIX" at Rumah Edukasi, Blok M Square

Tepat tanggal 6 Oktober 2012, saya dan teman-teman adik kelas dari Psikologi Tarumanagara menjadi volunteer di salah satu acara lomba dan pameran yang diselenggarakan oleh "Rumah Edukasi".... 

" We are from Psychology Tarumanagara "

Acara tersebut berlangsung di daerah Blok M Square, lantai 3A. Yang hadir dalam acara ini adalah guru-guru TK dari berbagai daerah di Jakarta dan sekitarnya. Mereka mengikuti lomba LOGIX yang diselenggarakan oleh pihak Rumah Edukasi. 

Apa itu LOGIX? LOGIX adalah permainan mengasah otak, dimana kita harus menempatkan sembilan bentuk geometri dalam kotak 3 x 3 sesuai dengan petunjuk yang tersedia di buku. Setiap kotak tersebut harus diisi dengan simbol (bentuk geometri). 

" LOGIX "

LOGIX adalah permainan yang sederhana, menyenangkan, dan menantang, terdiri dari sebuah papan permainan yang berisi sembilan kotak kosong (3 x 3) dan sembilan simbol bentuk geometri (3 lingkaran, 3 segitiga, 3 persegi dengan warna biru, merah, dan kuning).

Para guru TK yang hadir akan mengikuti lomba LOGIX ini.. pemenangnya akan memperoleh piala dan uang tunai. 

Juara 1, piala + Rp. 2.000.000,-
Juara 2, piala + Rp. 1.000.000,-
Juara 3, piala + Rp. 500.000,-

Sisanya yang masuk dalam 10 besar hanya mendapatkan bingkisan cantik. 

Kami sebagai volunteer merasa senang bergabung dalam acara yang mengasah otak ini. Sebagian dari kami membantu tim pelaksana menjadi juri lomba LOGIX, dan sebagiannya lagi menjaga stand mainan. 

Di sini kami memeragakan mainan-mainan yang ada di jual di rumah edukasi ini.. 
Permainan yang tersedia adalah permainan yang mengasah otak, kemampuan mengenal konsep, kemampuan berhitung, mengenal berat, volume, dan mengasah kreativitas anak, terutama untuk anak usai 3 tahun ke atas. 

Banyak guru TK yang tertarik dengan permainan yang kami peragakan... yaahh, walaupun harganya sedikit agak mahal, tapi kualitas permainan dan ilmu yang di dapat dari permainan yang ada juga sangat bermanfaat. 

Memang harus diakui, ilmu itu mahal harganya. Tapi dengan adanya mainan-mainan edukasi ini membuat anak-anak menjadi menyukai pelajaran, terutama matematika dan ilmu pengetahuan alam. 

Tak lupa pada perkembangan anak-anak, terutama usia 3 tahun ke atas, memang usia dimana anak-anak masih suka bermain. Nah, dengan adanya permainan yang disediakan rumah edukasi ini, membuat anak-anak akan lebih menyukai belajar. Proses belajar akan lebih menyenangkan dan mudah dipahami, ketika dilakukannya seperti sedang bermain. Tentunya anak-anak akan menyukainya :)

Permainan yang tersedia di Rumah Edukasi ini sangat banyak, tapi saya hanya akan menjelaskan beberapa yang saya ketahui saja.. Sisanya kalian dapat datang sendiri ke lokasinya. 

1. Math Balance

" MATH BALANCE "


permainan untuk 3 tahun ke atas, dimana anak akan diajarkan untuk pengenalan konsep angka, penjumlahan, perkalian, dan simbol lebih besar atau lebih kecil. Permainan ini lebih seperti mainan timbangan. Jika balance maka hasilnya benar. Jika timpang, maka hasilnya salah. 

2. Measuring Balance

" MEASURING BALANCE "

hampir sama dengan math balance, bedanya alat ini lebih lengkap, untuk menghitung berat dan volume air. Terlihat dari keseimbangannya.. Permainan ini untuk anak SD yang sudah mempelajari ilmu pengetahuan alam. 

3. Supertrax

" DARREN WITH SUPERTRAX "

permainan ini untuk anak usia 8 tahun ke atas, tapi keponakan saya yang 4 tahun bisa memainkannya. Permainan ini adalah kita disediakan 40 kartu dan beberapa paku kecil yang terbuat dari bahan plastik sehingga tidak beresiko bahaya bagi anak-anak. Di dalamnya anak diminta untuk meletakkan paku kecil di tempat yang disediakan, dan disesuaikan dengan contoh yang ada berdasarkan kartu-kartu tersebut. 

4. Tangram

" TANGRAM "

permainan yang mengasah otak dan memancing kreativitas anak. Anak-anak diberikan beberapa bangunan geometri, seperti limas, persegi, segitiga, dll. Dimana dari bangunan kecil yang ada, anak diminta untuk berkreasi dengan imajinasi dan kretaif mereka sendiri. 

5. RushHour

" RUSH HOUR "

6. Shape n Shape

" SHAPE n' SHAPE "

7. Snack Attack

" SNACK ATTACK "


dan masih banyak lagi mainan yang lainnya.... panjang apabila saya ceritakan di blog ini... hahaha... :D

Yang jelas saya merasa senang bisa ikut bergabung dalam acara yang diselenggarakan Rumah Edukasi ini... 

Pas pulangnya kami para volunteer diberi mainan gratis oleh ko Anton, pemilik Rumah Edukasi ini. Wahhhhh menyenangkan sekali, mainannya langsung saya berikan pada Darren. Dia sangat menyukainya dan langsung bisa memainkannya.. :)

Pengalaman yang saya dapat saat menjadi volunteer pertama kalinya adalah HAPPY.. menyenangkan bermain bersama di Rumah Edukasi. Mengenal banyak teman, dan banyak permainan yang dapat dipelajari. 

Lokasi Rumah Edukasi 

Blok M Square, Lantai 3A, Blok TNT, No. 11
Jl. Melawai V, Kebayoran Baru, Jakarta 12160
Telp. +622127352828 | Fax. +62215382389
Email : re@rumahedukasi.com
Website : www.rumahedukasi.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar