O U R - T I M E !!

Rabu, April 25, 2012

Novel Karangan Winna Efendi (*Cinta dan Persahabatan)


Ada beberapa novel karangan Winna Efendi yang cukup menarik perhatian saya (*hampir semuanya sih..)

Berawal dari tidak sengaja membeli novel karangan Winna yang berjudul "REFRAIN (Saat Cinta Selalu Pulang)", padahal waktu itu niatnya mau beli komik, tapi begitu saya melirik ke rak bagian novel, saya melihat ada sebuah buku yang memiliki cover menarik, begitu saya baca bagian sinopsisnya ternyata lebih menarik lagi. 

Novel REFRAIN ini menceritakan tentang kisah persahabatan yang begitu pelik, jatuh cinta pada sahabat sendiri, sikap yang mulai berubah. Sebenarnya kisah ini begitu simple tapi sangat menarik, karena kebanyakan dari kita kadang pernah merasakan hal yang sama.

Didalamnya terdapat kisah persahabatan antara niki dan nata yang berakhir dengan cinta, disela-sela kisah mereka terdapat pula kisah mengenai annalise dan keluarganya. Ditambah dengan munculnya oliver sebagai saingan nata. 

Novel ini bercerita mengenai anak sekolahan (*saya sangat suka cerita mengenai anak sekolah), sebuah ungkapan bahwa “masa sekolah, terutama masa-masa SMA adalah masa yang menyenangkan dan indah”, saya membenarkan ungkapan tersebut, sebab walaupun sewaktu SMA kita mengalami banyak hal, seperti permusuhan, selalu terlihat ingin menonjol, sibuk mencari gebetan, hingga akhirnya berpacaran, suka pada pacar sahabat, sampai berebutan cowo, semuanya dialami sewaktu masa SMA, masa yang tidak akan terlupakan. 

Kisah dalam novel REFRAIN ini mengupas tentang hal-hal indah sewaktu SMA. Berikut adalah kutipan sinopsisnya “Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini, yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya”  (Tokoh: Niki, Nata, Oliver, Annalise).

Setelah membaca novel REFRAIN, saya langsung tertarik dan jatuh cinta pada novel-novel karangan Winna Efendi, isi cerita diringkas begitu menarik, alur ceritanya dibuat sedemikian cantik sehingga begitu membuka lembar tiap lembar hati dibuat deg-degan... penasaran akan cerita selanjutnya..

Sejak saat itu begitu saya ke gramedia, saya langsung segera mencari novel-novel Winna selanjutnya. Dalam satu hari, saya menghabiskan uang lebih dari 100 ribu, untuk membeli 3 novel winna lainnya.. “Remember When (Ketika kau dan aku jatuh cinta)”, “Ai (Cinta tidak pernah lelah menanti)”, “Unforgettable (Tentang cinta yang menunggu)”. Ketiga novel ini juga sama menariknya seperti novel REFRAIN.. 

Berikut adalah kisah cerita ketiga novel lainnya. 

Pertama, novel Ai, lebih memperlihatkan sisi kota Jepang, cerita mengenai sepasang anak jepang yang saling jatuh cinta, lagi-lagi karangan Winna mengisahkan persahabatan dan cinta. Persahabatan yang diambil adalah persahabatan antara cewe dan cowo yang berujung jadi cinta. 

Namun dalam novel Ai, kisahnya lebih tragis sedikit... (*hehehe..), menceritakan kisah antara Ai dan Sei yang bersahabat sejak kecil, akan selalu bersahabat dan bersama sampai tua. Namun dibalik itu ternyata Sei dan Ai yang dulunya saling jatuh cinta tapi tidak berani mengungkapkan. Hingga akhirnya datanglah seorang laki-laki tampan bernama Shin, yang menarik perhatian Ai, membuat Ai jatuh cinta padanya, dan disatu sisi ia melupakan janji persahabatan dengan Sei, membuat Sei terluka (*walaupun di akhir cerita mereka dapat bersatu juga). 

Kutipan dari novel Ai, “Cinta seperti sesuatu yang mengendap-endap di belakangmu. Suatu saat, tiba-tiba kau baru sadar, cinta menyergapmu tanpa peringatan” (Tokoh: Ai, Sei, Shin, Natsu). 

Novel selanjutnya yang kedua adalah Remember When,  kisah persahabatan juga, hanya saja kali ini merupakan persahabatan antara dua laki-laki dan dua perempuan yang masing-masing saling menyukai. Dengan cara mencintai yang berbeda, namun penembakkan kata cinta secara berbarengan, sering double date, hingga pada akhirnya tiba-tiba saling bertukar cinta, pacar sahabatnya menyukainya, suatu perasaan yang sulit untuk ditentukan. Disisi lain ia juga sedang merasa jenuh dengan pacarnya yang sekarang. Ia juga mendambakan memiliki kisah cinta seperti yang dialami sahabatnya dengan pacarnya. 

Kisah cinta dan persahabatan yang cukup rumit, namun harus tetap memilih.. (*karena hidup adalah pilihan). Pilihan yang mungkin saja bisa berakhir bahagia, namun bisa juga berakhir dengan salah satu harus tersakiti. Tapi lebih dari itu semua, bukankah melihat orang yang kita sayangi bahagia maka kita juga akan bahagia (*Cinta tidak harus memiliki).

Kutipan dari novel Remember When, “Apapun yang kau katakan, bagaimanapun kau menolaknya, cinta akan tetap berada di sana, menunggumu mengakui keberadaannya” (Tokoh: Freya, Moses, Gia, Adrian).


Novel terakhir karangan winna yang saya miliki dan belum saya baca adalah “Unforgettable”. Namun sekilas dari yang saya baca sinopsisnya adalah mengisahkan sang waktu tentang mereka yang menunggu. 

Novel yang satu ini sepertinya agak lebih berat, bukan tentang sekolahan seperti yang biasa winna buat (*tapi tetap menarik untuk dibaca, karena lagi-lagi winna mampu membuat kita pembacanya terkagum-kagum setiap membuka lembar demi lembar novelnya). 

Kutipan dari novel unforgettable, “Pertemuan pertama telah menyeret keduanya masuk ke pusaran yang tak bisa dikendalikan. Menggugah sesuatu yang telah lama terkubur oleh waktu di dalam diri perempuan itu. Membuat ia kehilangan semua kata yang ia tahu untuk mendefinisikan dan hanya menjelma satu nama: lelaki itu”. 

Semua novel winna sangat menarik, tinggal 1 novel winna yang belum saya miliki  yaitu “Unbelievable (Skandal adalah kebenaran yang disembunyikan)”. (*I must have it!!)


Follow my twitter : Lanny_JuVe (Lanny Regina).


4 komentar:

  1. Olala...ternyata selain manga, lanny juga doyan baca novel..Cool! Referensinya oks deh ;p

    BalasHapus
  2. iaaa dunk fahra... lanny suka baca komik + novel...

    pokoknya sangat suka membaca deh.. buku2 kisah nyata psikologi juga suka.. :)

    baca deh novel karangan winna efendi.. bagus lohhh...

    BalasHapus
  3. hmm itu novel pertamanya winna judulnya apa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kurang begitu tahu, yang mana karangan pertama winna efendi, setelah saya cek, ternyata karangan pertamanya adalah novel yang berjudul "kenangan abu-abu (2008)" dan saya belum membacanya...

      Novel karangan Winna yang saya baca pertama kali adalah yang berjudul (Refrain) ini bagussss banged.. saya suka cara winna menuangkan ide cerita melalui gaya bahasa yang khas.. :)

      Hapus